fbpx

UPMB-UPY

JALUR MANDIRI

Jalur masuk berbasis ujian mandiri

Jalur Mandiri

Merupakan jalur pendaftaran berbasis ujian mandiri. Calon mahasiswa diseleksi berdasarkan nilai ujian mandiri berupa ujian CBT (Computer Based Test). 

Jalur Mandiri dibuka untuk semua Prodi Sarjana yang ada di Universitas PGRI Yogyakarta. Dalam kondiri Pandemi Covid 19 ini, seleksi atau ujian yang dilaksanakan pada jalur mandiri adalah menggunakan seleksi rapor.

  • Biaya DPP (Dana Pengembangan Pembangunan) meningkat sebesar 1 juta rupiah setiap kenaikan gelombang
  • Potongan DPP sebesar 50% untuk 8 Prodi Baru, yaitu Prodi Teknik Biomedis, PVTO (Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif), THP (Teknologi Hasil Pertanian), Farmasi, Gizi, Arsitektur, Teknik Industri, dan Teknologi Rekayasa Elektromedis

Berikut adalah jadwal jalur mandiri yang dilaksanakan di Universitas PGRI Yogyakarta, 

  • Gelombang 1 : Februari – April 2020
  • Gelombang 2 : Mei  – Juni 2020
  • Gelombang 3 : Juli – Agustus 2020

*Dalam kondisi Pandemi COVID 19 ini, ujian atau seleksi pada jalur mandiri ini adalah menggunakan seleksi rapor.

Biaya pendaftaran yang dikenakan ketika memilih Jalur Prestasi adalah sebesar: Rp. 250.000,-

  • Pendaftar akan dibebaskan dari biaya pendaftaran apabila mendapatkan beasiswa UPY Peduli pada saat pendaftarannya. Untuk info lebih lanjut mengenai beasiswa UPY Peduli, dapat dilihat pada laman ini.
  1. Siswa kelas XII SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan lulus,
  2. Melakukan pendaftaran secara online melalui laman ini, 
  3. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (untuk yang tidak mendapatkan beasiswa UPY Peduli). Dapat dilakukan di konter PMB, di Lantai 1, Gedung C, Unit 1, Universitas PGRI Yogyakarta, atau dapat dilakukan melalui transfer ke rekening BRI no. 023601-001470-30-0 dan BPD no. 001.111.001.644 a.n. YAYASAN PEMBINA UPY
  4. Konfirmasi pendaftaran melalui hotline resmi kami, dapat dilakukan dengan menekan tombol whatsapp di pojok kanan bawah laman ini,
  5. Menyerahkan scan rapor terakhir yang akan digunakan sebagai bahan seleksi 
  6. Menerima pengumuman / Surat Keterangan diterima dari hotline
  7. Melakukan registrasi pada halaman akademik upy dengan memasukkan nomer pendaftaran di sistem, silahkan lengkapi formulir registrasi tersebut. 
  8. Melakukan pembayaran tahap pertama melalui rekening an YAYASAN PEMBINA UPY, biaya yang harus dibayarkan tertera pada pengumuman/surat keterangan diterima,
  9. Melengkapi dokumen Pemberkasan

Calon mahasiwa yang telah melakukan registrasi dan pembayaran tahap pertama harus menyampaikan dokumen pemberkasan sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir biodata, KTM & Surat pernyataan bermeterai (disediakan pada saat pemberkasan).
  2. Foto copy ijazah SMA/surat keterangan lulus yang dilegalisir, sebanyak 2 lembar.
  3. Foto copy akta kelahiran, sebanyak 2 lembar.
  4. Foto copy kartu tanda pengenal, sebanyak 3 lembar.
  5. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), sebanyak 1 lembar.
  6. Surat keterangan sehat dari dokter.
  7. Bukti penyerahan kwintansi pembayaran dari Biro Administrasi Keuangan (BAKu) UPY.
  8. Foto berwarna latar belakang biru 3×4, sebanyak 3 lembar.
  9. Foto berwarna latar belakang biru 2×3, sebanyak 1 lembar.
  10. Materai 6000,-.
  11. Menyerahkan CD yang berisi scan ijazah, akta kelahiran, KTP dan pas foto.
  12. Foto Copy transkrip nilai dari kampus sebelumnya (bagi calon mahasiswa transfer)
  13. Foto Copy daftar konversi dari prodi (bagi calon mahasiswa transfer/pindahan)
  14. Semua berkas dimasukkan ke dalam stopmap khusus dari UPY warna biru (dapat diperoleh di KOPKAR Sejahtera UPY).
  15. Penyerahan berkas sesuai tanggal yang telah ditetapkan oleh panitia.

POLA SELEKSI

Mau coba pola seleksi yang lain:

Universita PGRI Yogyakarta, melalui Unit PMB membuka empat pola seleksi yang digunakan sebagai jalur pendaftaran, untuk info lebih lanjut silahkan akses link berikut ini:

[Persyaratan Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan sebesar Rp 250.000.
  3. Menyerahkan 1 (satu) lembar foto copy KTP/KK
  4. Menyerahkan 1 (satu) lembar Foto copy ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat beserta daftar nilai yang telah dilegalisir
  5. Foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar

Tes Tertulis

Calon mahasiswa wajib mengikuti tes tertulis:

  1. Calon mahasiswa yang mendaftar di Jalur Mandiri.
  2. Tes menggunakan sistem CBT (Computer Base Test)

1. Jalur Reguler Gelombang I

PENDAFTARAN TAHAPAN SELEKSI REGISTRASI ISI DATA ONLINE PEMBERKASAN
Tes Tulis Pengumuman      
1 Februari-30 Maret 2020 SETIAP HARI SETIAP HARI 1-10 Maret 2020 1-10 Maret 2020 1-10 Maret 2020
1 Maret-30 April 2020 1-10 April 2020 1-10 April 2020 1-10 April 2020

2. Jalur Reguler Gelombang II

PENDAFTARAN TAHAPAN SELEKSI REGISTRASI ISI DATA ONLINE PEMBERKASAN
Tes Tulis Pengumuman      
1 – 31 Mei 2020 SETIAP HARI SETIAP HARI 1-10 Juni 2020 1-10 Juni 2020 1-10 Juni 2020
1 – 30 Juni 2020 1-10 Juli 2020 1-10 Juli 2020 1-10 Juli 2020

3. Jalur Reguler Gelombang III

PENDAFTARAN TAHAPAN SELEKSI REGISTRASI ISI DATA ONLINE PEMBERKASAN
Tes Tulis Pengumuman      
1 – 31 Juli 2020 SETIAP HARI SETIAP HARI 1 – 10 Agustus 2020 1 – 10 Agustus 2020 1 – 10 Agustus 2020
1 – 31 Agustus 2020 1- 10 September 2020 1- 10 September 2020 1- 10 September 2020

Ketentuan Pembayaran/Registrasi

  1. Calon mahasiswa yang lulus tes tertulis serta sudah dinyatakan diterima dapat langsung membayar biaya registrasi dengan menggunakan Surat Keterangan diterima dari Unit PMB UPY.
  2. Melakukan pembayaran di rekening:

    Bank BRI (Recommended Khusus Mahasiswa Baru)
    Cabang            : Yogyakarta
    No Rekening  : 023601-001470-30-0
    Atas nama      : Yayasan Pembina Universitas PGRI Yogyakarta

    Atau

    Bank BPD
    Cabang            : Yogyakarta
    No Rekening  : 001-111-001-644
    Atas nama      : Yayasan Pembina Universitas PGRI Yogyakarta

    Dimohon untuk hanya melakukan pembayaran ke rekening resmi UPY di atas. UPY tidak pernah menggunakan nomor rekening selain yang di atas. Jika Anda mendapati nomor rekening lain, dapat dipastikan sebagai penipuan.

  3. Biaya DPP (Dana Pengembangan Pembangunan) dapat diangsur 6 kali di tahun pertama perkuliahan. Adapun perincian angsuran biaya DPP sebagai berikut:
    a. Angsuran I    : 15% dari biaya DPP pada saat registrasi atau daftar ulang
    b. Angsuran II  : 15% dari biaya DPP pada saat perkuliahaan semester II,III dan IV
    c. Angsuran III : 20% dari biaya DPP pada saat perkuliahaan semester V dan VI
  4. Ketentuan pembayaran bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di Universitas PGRI Yogyakarta:
    a. Registrasi tahap I    : Biaya DPP angsuran  I + biaya SPP semester Ganjil.
    b. Registrasi tahap II  : Biaya DPP angsuran  II + biaya SKS semester Ganjil.
    c. Registrasi tahap III : Biaya DPP angsuran  III+ biaya SPP semester Genap.
    d. Registrasi tahap IV : Biaya DPP angsuran  IV + biaya SKS semester Genap.
  5. Rincian pembayaran bagi mahasiswa yang diterima melalui Jalur Mandiri Gelombang 1, 2 dan 3:

* DPP (Dana Pembangunan & Pengembangan) dapat diangsur 6 kali.
Kenaikan DPP sebesar Rp 1.000.000 setiap gelombang penerimaan mahasiswa baru

Ketentuan Pemberkasan
Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima harus menyerahkan dokumen pemberkasan, sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir biodata & Surat pernyataan bermeterai (disediakan pada saat pemberkasan)
  2. Foto copy ijazah SLTA yang dilegalisir, sebanyak 2 lembar
  3. Foto copy akte kelahiran, sebanyak 2 lembar
  4. Foto copy kartu tanda pengenal, sebanyak 3 lembar
  5. Surat keterangan catatan kepolisian , sebanyak 1 lembar
  6. Surat keterangan sehat dari dokter
  7. Bukti penyerahan kwintansi pembayaran dari Biro Administrasi Keuangan (BAKu) UPY
  8. Foto berwarna latar belakang biru 3×4, sebanyak 3 lembar
  9. Foto berwarna latar belakang biru 2×3, sebanyak 1 lembar
  10. Materai 6000,-
  11. Menyerahkan CD yang berisi scan Ijazah, Akta Kelahiran, KTP dan pas foto
  12. Foto copy Ijazah DI/DII/DII yang dilegalisir, sebanyak 3 lembar (bagi calon mahasiswa transfer/pindahan)
  13. foto copy transkrip DI/DII/DII yang dilegalisir, sebanyak 3 lembar (bagi calon mahasiswa transfer/pindahan)
  14. Foto copy daftar konversi dari prodi, sebanyak 3 lembar (bagi calon mahasiswa transfer/pindahan)
  15. Semua berkas dimasukkan kedalam stopmap khusus dari UPY warna biru untuk mahasiswa baru dan warna merah untuk mahasiswa transfer/pindahan (dapat diperoleh di KOPKAR Sejahtera UPY)
  16. Penyampaian berkas sesuai tanggal yang telah ditetapkan dari panitia.