Jalur SM-UPY (Seleksi Mandiri)

Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan sebesar Rp 250.000 untuk program Sarjana.
  3. Menyerahkan 1 (satu) lembar foto copy KTP/KK
  4. Menyerahkan 1 (satu) lembar Foto copy ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat beserta daftar nilai yang telah dilegalisir
  5. Menyerahkan 1 (satu) lembar Foto copy ijazah diploma dan transkrip nilai yang telah dilegalisir dari perguruan tinggi asal (bagi calon mahasiswa pindahan yang mengambil program lanjutan)
  6. Foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar

Ketentuan Seleksi

Tes Tertulis

Calon mahasiswa wajib mengikuti tes tertulis:

  1. Calon mahasiswa yang mendaftar di jalur SM.
  2. Tes menggunakan sistem CBT (Computer Base Test)
  3. Memenuhi Standart Kelulusan yaitu:
Grade Program Studi Standar Kelulusan
1 PGSD, Akuntansi, Manajemen, TI 22 Jawaban benar (24%)
2 BK, PPKN, Pend. Sejarah, PBSI, Agroteknologi, Pend. Matematika 14 Jawaban benar (15%
3 PLB, PGPAUD, PBI, Teknik Industri 5 Jawaban benar (0,5%)

Jadwal

1. Jalur Reguler Gelombang I

PENDAFTARAN TAHAPAN SELEKSI REGISTRASI ISI DATA ONLINE PEMBERKASAN
Tes Tulis Pengumuman
1 Februari-30 Maret 2019 SETIAP HARI SETIAP HARI 22 – 30 April 2019 22 – 30 April 2019 22 – 30 April 2019
1 – 30 April 2019 2-10 Mei 2019 2-10 Mei 2019 2-10 Mei 2019

2. Jalur Reguler Gelombang II

PENDAFTARAN TAHAPAN SELEKSI REGISTRASI ISI DATA ONLINE PEMBERKASAN
Tes Tulis Pengumuman
1 – 31 Mei 2019 SETIAP HARI SETIAP HARI 1-10 Juni 2019 1-10 Juni 2019 1-10 Juni 2019
1 – 30 Juni 2019 1-10 Juli 2019 1-10 Juli 2019 1-10 Juli 2019

3. Jalur Reguler Gelombang III

PENDAFTARAN TAHAPAN SELEKSI REGISTRASI ISI DATA ONLINE PEMBERKASAN
Tes Tulis Pengumuman
1 – 31 Juli 2019 SETIAP HARI SETIAP HARI 1 – 10 Agustus 2019 1 – 10 Agustus 2019 1 – 10 Agustus 2019
1 – 31 Agustus 2019 1- 10 September 2019 1- 10 September 2019 1- 10 September 2019

Ketentuan Pembayaran/Registrasi

  1. Calon mahasiswa yang lulus tes tertulis serta sudah dinyatakan diterima dapat langsung membayar biaya registrasi dengan menggunakan Surat Keterangan diterima dari Unit PMB UPY.
  2. Melakukan pembayaran di rekening:

    Bank BRI (Recommended Khusus Mahasiswa Baru)
    Cabang            : Yogyakarta
    No Rekening  : 023601-001470-30-0
    Atas nama      : Yayasan Pembina Universitas PGRI Yogyakarta

    Atau

    Bank BNI 46
    Cabang            : Yogyakarta
    No Rekening  : 0172067446
    Atas nama      : Yayasan Pembina Universitas PGRI Yogyakarta

    Dimohon untuk hanya melakukan pembayaran ke rekening resmi UPY di atas. UPY tidak pernah menggunakan nomor rekening selain yang di atas. Jika Anda mendapati nomor rekening lain, dapat dipastikan sebagai penipuan.

  3. Biaya DPP (Dana Pengembangan Pembangunan) dapat diangsur 4 kali di tahun pertama perkuliahan. Adapun perincian angsuran biaya DPP sebagai berikut:
    a. Angsuran I    : 20% dari biaya DPP
    b. Angsuran II  : 20% dari biaya DPP
    c. Angsuran III : 30% dari biaya DPP
    d. Angsuran IV : 30% dari biaya DPP
    Sedangkan untuk biaya SPA (Sumbangan Pengembangan Akademik) dicicil selama 6x angsuran.
  4. Ketentuan pembayaran bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di Universitas PGRI Yogyakarta:
    a. Registrasi tahap I    : Biaya DPP angsuran  I + Angsuran SPA + biaya SPP semester Ganjil.
    b. Registrasi tahap II  : Biaya DPP angsuran  II + Angsuran SPA + biaya SKS semester Ganjil.
    c. Registrasi tahap III : Biaya DPP angsuran  III+ Angsuran SPA + biaya SPP semester Genap.
    d. Registrasi tahap IV : Biaya DPP angsuran  IV + Angsuran SPA + biaya SKS semester Genap.
  5. Rincian pembayaran bagi mahasiswa yang diterima melalui Jalur SM-UPY (Reguler) Gelombang 1, 2 dan 3
No Fakultas Program Studi Biaya Pendaftaran (Rp) Biaya Kuliah (Rp) DPP (Rp) SPA (Rp)
SPP Tetap Per SKS Gelombang 1 Gelombang 2 Gelombang 3
1 Pertanian Agroteknologi (B) 250.000 1.250.000 110.000 9.500.000 10.500.000 11.500.000 6.310.000
Teknologi Hasil Pertanian (Terakreditasi) 250.000 750.000 80.000 6.500.000 7.500.000 8.500.000 6.310.000
2 Ekonomi Akuntansi (A) 250.000 1.250.000 110.000 12.500.000 13.500.000 14.500.000 5.710.000
Manajemen (B) 250.000 1.250.000 110.000 12.000.000 13.000.000 14.000.000 5.710.000
3 Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGSD (B) 250.000 1.250.000 110.000 12.500.000 13.500.000 14.500.000 8.900.000
BK (B) 250.000 1.250.000 110.000 12.000.000 13.000.000 14.000.000 6.710.000
Pend. Matematika (B) 250.000 1.250.000 110.000 10.000.000 11.000.000 12.000.000 6.710.000
PPKN (A) 250.000 1.250.000 110.000 10.000.000 11.000.000 12.000.000 6.710.000
Pend. Sejarah  (B) 250.000 1.250.000 110.000 9.500.000 10.500.000 11.500.000 6.710.000
PBSI  (B) 250.000 1.250.000 110.000 10.000.000 11.000.000 12.000.000 6.710.000
PBI (B) 250.000 1.250.000 110.000 9.500.000 10.500.000 11.500.000 6.710.000
PLB (Terakreditasi) 250.000 1.000.000 90.000 6.500.000 7.500.000 8.500.000 6.710.000
PG PAUD (Terakreditasi) 250.000 1.000.000 90.000 6.500.000 7.500.000 8.500.000 6.710.000
Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (PVTO) (Terakreditasi) 250.000 1.250.000 110.000 6.500.000 7.500.000 8.500.000 5.510.000
4 Teknik T. Informatika (B) 250.000 1.250.000 110.000 12.000.000 13.000.000 14.000.000 6.545.000
T. Industri (Terakreditasi) 250.000 1.000.000 90.000 6.500.000 7.500.000 8.500.000 5.510.000
Arsitektur (Terakreditasi) 250.000 750.000 80.000 3.000.000 4.000.000 5.000.000 5.510.000
T. Biomedis (Terakreditasi) 250.000 1.500.000 150.000 6.500.000 7.500.000 8.500.000 5.510.000
T. R. Elektromedis (Terakreditasi) 250.000 1.500.000 150.000 9.000.000 10.000.000 11.000.000 5.510.000
5 Ilmu Kesehatan Farmasi (Terakreditasi) 250.000 2.500.000 200.000 20.000.000 21.000.000 22.000.000 12.000.000
Gizi (Terakreditasi) 250.000 1.500.000 150.000 6.500.000 7.500.000 8.500.000 5.510.000

Ketentuan Pemberkasan

Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima harus menyerahkan dokumen pemberkasan, sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir biodata & Surat pernyataan bermeterai (disediakan pada saat pemberkasan)
  2. Foto copy ijazah SLTA yang dilegalisir, sebanyak 2 lembar
  3. Foto copy akte kelahiran, sebanyak 2 lembar
  4. Foto copy kartu tanda pengenal, sebanyak 3 lembar
  5. Surat keterangan catatan kepolisian , sebanyak 1 lembar
  6. Surat keterangan sehat dari dokter
  7. Bukti penyerahan kwintansi pembayaran dari Biro Administrasi Keuangan (BAKu) UPY
  8. Foto berwarna latar belakang biru 3×4, sebanyak 3 lembar
  9. Foto berwarna latar belakang biru 2×3, sebanyak 1 lembar
  10. Materai 6000,-
  11. Menyerahkan CD yang berisi scan Ijazah, Akta Kelahiran, KTP dan pas foto
  12. Foto copy Ijazah DI/DII/DII yang dilegalisir, sebanyak 3 lembar (bagi calon mahasiswa transfer/pindahan)
  13. foto copy transkrip DI/DII/DII yang dilegalisir, sebanyak 3 lembar (bagi calon mahasiswa transfer/pindahan)
  14. Foto copy daftar konversi dari prodi, sebanyak 3 lembar (bagi calon mahasiswa transfer/pindahan)
  15. Semua berkas dimasukkan kedalam stopmap khusus dari UPY warna biru untuk mahasiswa baru dan warna merah untuk mahasiswa transfer/pindahan (dapat diperoleh di KOPKAR Sejahtera UPY)
  16. Penyampaian berkas sesuai tanggal yang telah ditetapkan dari panitia.