FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Pertanyaan seputar Penerimaan Mahasiswa Baru

Apakah UPY menerima mahasiswa transfer?

Iya, kami menerima mahasiswa transfer hanya untuk program studi Teknik Informatika, Bimbingan dan Konseling, PPKn, Pendidikan Sejarah, dan S2 PIPS.

Bagaimana alur pendaftaran mahasiswa transfer di UPY?

Silakan datang ke Counter Pendaftaran PMB UPY untuk meminta formulir persetujuan ketua program studi. Selanjutnya menemui ketua program studi yang dituju untuk meminta persetujuan menerima mahasiswa transfer. Jika telah mendapatkan persetujuan, kemudian bisa langsung melakukan pendaftaran dengan menunjukkan formulir yang sudah ditandatangani kepala program studi di Counter Pendaftaran PMB UPY di Gedung C lantai 1.

Apa saja persyaratan untuk mendaftar menjadi mahasiswa baru di UPY?

(a) Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000; (b) Mengumpulkan FC ijazah/transkrip nilai raport dua semester terakhir; (c) Foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar; (d) Membawa FC kartu identitas seperti KTP.

Apakah UPY membuka kelas karyawan?

UPY membuka kelas karyawan khusus untuk program studi Akuntansi, Manajemen, Teknik Informatika, Teknik Industri, Farmasi, Arsitektur, Teknologi Hasil Pertanian, Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, dan Teknik Biomedis.

Bagaimana sistem pembayaran bagi mahasiswa kelas karyawan di UPY?

Sistem pembayaran bagi mahasiswa kelas karyawan sama dengan sistem pembayaran seperti mahasiswa reguler dengan nominal pembayaran yang berbeda.

Bagaimana bila saya diterima PTN setelah melakukan daftar ulang di UPY?

Jika diterima di PTN melalui jalur SNMPTN dan atau SBMPTN, maka uang registrasi yang telah dibayarkan akan dikembalikan sebesar 50% dengan persyaratan membawa surat keterangan diterima di PTN dan maksimal konfirmasi 1 minggu setelah dinyatakan diterima.

Apa itu SPA?

Sumbangan Pengembangan Akademik. SPA hanya dibayarkan sekali selama menjadi mahasiswa dan pembayarannya diangsur sebanyak 6 kali. SPA meliputi biaya perkuliahan non SKS.

Apa itu DPP?

Dana Pembangunan dan Pengembangan. DPP hanya dibayarkan sekali selama menjadi mahasiswa dan pembayarannya diangsur sebanyak 4 kali sebesar 20%, 20%, 30%, 30% pada masing-masing angsuran (pembayaran DPP akan selesai di tahun pertama).

Bagaimana jika saya melakukan seleksi di hari yang berbeda dengan hari pendaftaran?

Tidak apa-apa. Pada dasarnya, pelayanan pendaftaran di UPY sudah menggunakan sistem One Day Service dimana pendaftaran, seleksi, dan pembayaran dapat dilakukan di hari yang sama.

Apa yang harus saya lakukan pertama kali setelah dinyatakan diterima di UPY?

Setelah dinyatakan di terima, calon mahasiswa baru harus melakukan registrasi pembayaran sesuai dengan tanggal sebagaimana tertera di surat pengumuman. Pembayaran dapat dilakukan melalui dua cara yaitu langsung ke bank BNI atau transfer rekening bank BRI atas nama Yayasan Pembina UPY, dengan menyebutkan nomor pendaftaran.

Bagaimana jika saya melakukan pemberkasan dan isi data online tidak sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan?

Silakan konfirmasi terlebih dahulu ke Counter PMB di gedung C lantai 1. Untuk pemberkasan yang dilakukan tidak sesuai dengan tanggal yang sudah di tentukan maka berkas pemberkasan harus diserahkan langsung di biro Akademik UPY.

Apa saja materi tes seleksi di UPY?

Tes yang ada di UPY meliputi Tes Potensi Akademik dengan sistem CBT sejumlah 90 soal dengan durasi waktu 45 menit.